6 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Dada Terbukti Ampuh

Posted on

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Dada – Bagi Anda yang menderita asam lambung, tentu saja akan terasa menyiksa banget ketika Anda mengalami kenaikan asam lambung. Atau naik asam lambung sampai ke dada. Dan ini adalah kondisi yang disebut sebagai Gerd. Menyiksa sekali memang.  Namun bagi penderita, ketika kondisi ini datang, tentu saja akan membuat Anda jumpalitan tidak karuan. Nah, sekarang, Anda perlu beberapa tips yang menarik. Dan bisa dijadikan rujukan.

PEnyebab naiknya asam lambung

Asam lambung dengan reflux tentu saja beda. Karena keduanya memang kondisi berbeda. Sehingga cara mengatasi asam lambung naik ke dada, sebenarnya lebih cocok untuk penderita Gerd. Makanya, kami pun akan spesifikkan ke penderita gerd saja. Sebelum kami lanjutkan ulasan ini, kami sudah menulis beberapa artikel mengenai pencegahan atau pengobatan ketika asam lambung naik ke dada. Silakan merujuk pada link di bawah ini:

Baca juga:

Mudah saja sebenarnya mengatasi masalah ini. Sehingga, bagi yang sudah paham, tidak akan kesulitan dengan cara mengatasi asam lambung naik ke dada. Nah, jika kita browsing di di internet, banyakanya hanya seputar obat dokter dan yang lainnya. Ini kan menjengkelkan sekali.

Cara Mengobati Asam Lambung Naik ke Dada

Mengobati asam lambung yang naik ke dada, bukan hanya dengan obat. Tapi ada beberapa cara. Dan sebaiknya Anda mengetahuinya. Karena memang asam lambung ini tidak bisa dengan  mudah ditangani. Lalu apa saja sih cara mengobati?

Kami akan membahas mulai dari obat, makanan, sampai pola pikir dan penerapannya. Jadi, jangan sampai lewatkan artikel ini. Kemudian Anda juga akan mendapatkan beberapa tips yang bisa dipakai untuk di rumah atau ketika Anda kumat asam lambungnya. Semuanya kami berikan gratis.

Yang pertama, asam lambung adalah zat asam yang diproduksi lambung. Dia dibutuhkan oleh lambung untuk mencerna makanan. Namun ketika dia berlebih, bahkan sampai naik ke tenggorokan karena rusaknya katup antara lambung dan tenggorokan, ini akan jadi masalah besar.

Maka pengobatan pertama bagi yang sedang kumat, adalah dengan memosisikan badan. Bagaimana caranya? kita simak selengkapnya. Jadi, pahami dengan baik agar Anda paham dengan semua ini. Oke, kita mulai dari yang pertama dan kedua, selanjutnya sampai akhir.

  • Posisikan Badan

Maksudnya adalah tidur dalam keadaan telentang. Kemudian pastikan dada dan kepala dalam posisi lebih tinggi daripada bagian kaki dan bawah pusar lainnya. Ini akan mengurangi kecepatan atau bahkan menghambat asam lambung naik lebih cepat dan lebih banyak.

Posisi ini bisa dicoba dengan cara menaruh bantal di punggung dan kepala. Terapi ini terbukti, banyak yang mencoba. Sehingga tidak perlu ragu lagi. Selain itu terapi ini tidak bayar alias gratis. Enak sekali, terapi gratis dan banyak maanjurnya.

  • Makan Makanan Penurun Asam Lambung

Bisa konsumsi jahe untuk mengatasi nyeri, atau teh dan makanan penurun asam lambung yang lain. Hindari gorengan dan pantangan yang lain. Sebenarnya akan lebih bagus jika Anda melakukan diet atau puasa. Ini akan membantu penyembuhan lebih cepat.

Namun, minimal Anda harus mengingat pantangannya. Jangan melanggar pantangan. Karena tubuh kita bukan mesin sepeda motor, meski mesin juga butuh dibersihkan. Mending makan pahit tapi sehat selamanya daripada makan manis tapi sakit kemudian.

  • Pijat 

Ada beberapa titik yang bisa dipijat, untuk menurunkan asam lambung yang naik. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi ke ahlinya saja. Nah, kalau memang sudah mahir, bisa memijit sendiri daerah tersebut. Daerah tersebut lebih banyak di kaki dan juga beberapa titik yang lainnya.

  • Ubah Pola Pikir

Stres dan suuzhon adalah salah satu penyebab naiknya asam lambung. Tidak percaya? coba ubah polaa pikir. Perbanyak husnudhon pada Allah dan sekitar. Nanti asam lambung akan turun. Jika Anda ke psikiater, penderita penyakit ini lebih dikategorikan dengan orang stres berlebih.

Maka, ketika asam lambung naik, bagi muslim dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan istigfar pada Allah. Kemudian tenangkan diri dengan rebahan atau berdiam di masjid saja. Ini akan membawa dalam keadaan rileks. Yang kemudian membuat Anda semakin enak.

  • Minum Teh Herba

Sangat baik menyediakan teh di rumah. Tentu saja bukan teh biasa, namun teh herbal dan ini akan membut Anda mudah bereaksi ketika asam lambung naik. Beberapa teh yang bagus buat penderita asam lambung di antaranya adalah teh dari akar manis.

Anda bisa juga membeli teh penurun asam lambung di toko online. Kemudian jadikan simpanan. Setidaknya, ketika asam lambung naik, Anda bisa mengambil air putih hangat. Lalu Anda meminumnya dengan pelan. Kebanyakan air putih juga tidak baik. Nah, paham kan artinya? Anda harus memiliki pola hidup sehat.

  • Obat Medis

Setelah obat tradisional, teh dan pijat, serta rebahan, sekarang Anda bisa memakai obat kimia untuk meredakan asam lambung yang naik. Kami pernah mengulas beberapa obat medis yang dijual bebas. Sehingga Anda bisa membeli langsung tanpa resep dokter. Apa saja sih? kita simak obat asam lambung apotek yang dijual bebas.

  1. Antasida. Contoh obat ini adalah Mylanta®, Malox®, Rolaids®, Gaviscon®, Gelusil®, dan Tums®. Bisa dibeli di warung terdekat atau apotek. Nah, antasida ini bisa langsung dibeli tanpa ada resep dokter. Menariknya lagi obat ini sudah banyak yang memakai dan cocok. Selain itu kerjanya sangat cepat.
  2. Proton pump inhibitors (PPIs). Jenisnya adalah omeprazole (Prilosec®) dan lansoprazole(Prevacid 24 HR®). Dikenal lebih kuat dalam mengatasi asam lambung. Tapi lebih lamban, meski begitu ia bisa mengatasi sampai 12 jam. Cukup bagus dan banyak direkomendasikan oleh dokter dan penderita yang sudah menahun.
  3. H-2 receptor blockers. Contoh obat ini adalah cimetidine (Tagamet®), nizatidine (Axid AR®), ranitidine (Zantac®), dan famotidine (Pepcid®). Dia juga banyak dipakai oleh penderita, dan banyak diresepkan dokter. Menariknya dia tidak perlu resep dokter untuk membeli. Soal kualitas, sudah banyak yang memakai.

Sudah paham? ada baiknya obat tersebut dicatat saja. Biar lebih mudah diingat dan lebih mudah untuk dibeli. Tidak perlu resep dokter, kok. Dan tentu saja soal hasil sudah banyak yang mengatakan kalau ini sangat bagus. Ok, kita lanjut lagi.

Penyebab Naiknya Asam Lambung

Selain pola pikir penyebab asam lambung naik adalah pola makan, dan pola hidup. Sehingga, Anda harus mengubah semuanya atau yang dikenal dengan 3P. Soal makanan pantangan, ada banyak orang berbeda. Jadi kami tidak akan memberikan ulasannya.

Apalagi, pantangan asam lambung dalam makanan juga sudah banyak yang tahu. Nah, sekarang tinggal Anda mau mengubah pola pikir atau tidak? kalau mau, Anda berproses menuju kesembuhan. Kalau tidak, ya, jangan harap sembuh.

Sekian informasi yang bisa kami hadirkan. Tentu saja, harapan kami artikel ringkas ini bermanfaat buat Anda semua. Karena itu, kami mengajak Anda untuk menyebarkannya di dunia maya atau yang lainnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *